Panduan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Dimasa kehamilan terutama untuk usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil harus mendapat asupan gizi yang sempurna dari jenis makanan sehat. Makanan sehat untuk ibu hamil perannya sangat penting untuk menutrisi janin dalam kandungan. Dengan kata lain baik atau buruk kesehatan janin tergantung dari makanan yang dikonsumsi ibu yang mengandungnya.

Di bulan-bulan pertama kehamilan, janin sangat rentan mengalami keguguran. Gejala yang muncul biasanya ibu hamil kehilangan nafsu makan, mual bahkan muntah. Dalam hal ini jika kebutuhan vitamin dan mineral tidak terpenuhi tentu saja tumbuh kembang janin tidak optimal bahkan resiko paling buruk adalah cacat dan keguguran.

kabardunia.com

kabardunia.com

Menjamin Kesehatan Janin untuk Trimester Pertama

Masa kehamilan 1 bulan termasuk trimester pertama, dimana pada fase ini adalah awal pertumbuhan janin terutama untuk proses pembentukan organ. Pada fase ini besar kemungkinan wanita hamil akan mengalami morning sickness (mual dan muntah). Efeknya tentu sulit untuk mengonsumsi makanan karena nafsu makan hilang.

Pada bulan pertama masa kehamilan ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari yaitu junk food (gorengan), atau makanan yang digoreng dengan minyak yang sudah beberapa kali dipakai. Berikutnya adalah makanan olahan (makanan siap saji), makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi, dan jenis makanan yang merangsang pencernaan seperti makanan berlemak, terlalu pedas, terlalu asam, dan sebagainya.

Sebaliknya ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk bulan pertama kehamilan. Makanan sehat untuk ibu hamil tersebut diantaranya makanan yang kaya protein, biji-bijian, sayuran, buah, dan susu. Masih untuk trimester pertama, hendaknya ibu hamil mengonsumsi makanan yang kaya asam folat. Asam folat adalah nutrisi penting untuk perkembangan otak janin selama dalam kandungan. Nutrisi tersebut dapat ditemukan pada jenis biji-bijian, beberapa jenis buah, sayuran, dan multi-vitamin yang dianjurkan oleh dokter.

panduanlengkapuntukibuhamil.blogspot.com

panduanlengkapuntukibuhamil.blogspot.com

Panduan Menu Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Beberapa sumber menyebutkan menu sehat harian usia kehamilan trimester pertama adalah:

  • Sarapan. Jus buah, nasi goreng, telur mata sapi, dan susu (susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil).
  • Makan siang. Nasi, sayur bening, ikan bumbu kuning, tempe goreng, dan buah jeruk.
  • Makan malam. Nasi, bistik, bakwan jagung, selada buah, dan susu.

Buah yang Cocok untuk Ibu Hamil

Makanan yang sehat bisa dikatakan sempurna jika dilengkapi dengan buah-buahan bernutrisi tinggi. Adapun buah yang direkomendasikan untuk ibu hami adalah:

  • Alpukat

Untuk kesehatan dan kecantikan, buah alpukat atau juga disebut avocado ini memang tidak perlu diragukan lagi. Buah ini memiliki kandungan vitaman A cukup tinggi yang berkhasiat mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus meremajakan kulit. Perlu Anda ketahui, buah alpukat juga kaya akan asam folat. Dan seperti yang disebutkan diawal, asam folat membantu proses pembentukan sel otak dan sumsum tulang belakang pada janin dalam kandungan.

9 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan Tubuh

  • Mangga

Mengapa mangga termasuk buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil? Beda dengan buah alpukat yang kaya asam folat, buah mangga kaya vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin tersebut sangat baik untuk melancarkan pencernaan, mengatasi morning sickness, dan mencegah sembelit.

  • Anggur

Buah anggur mengandung vitamin A yang cukup efektif memperbaiki metabolisme. Disamping itu anggur juga menngandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan yaitu magnesium, phosphor, sodium, dan kalsium.

Selain ketiga buah tersebut, beberapa buah lain seperti jeruk, lemon, pisang, berry (termasuk blueberry, blackberry, raspberry, dan strawberry), apel, leci, dan buah naga juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk usia kehamilan trimester pertama.

Yang harus digaris-bawahi, makanan sehat untuk ibu hamil tidak harus mahal. Yang paling penting makanan tersebut cukup mengandung vitamin dan mineral, dan tentunya bebas bahan pengawet.