Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Luvume.com – Memastikan berat badan ideal tidak bisa dilakukan otodidak namun harus menggunakan rumus tertentu. Kita bisa memperkirakan berapa berat badan ideal kita namun hasilnya tidak bisa akurat. Mengapa bisa demikian? Karena berat badan yang ideal dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk salah satunya faktor tinggi badan. Intinya tinggi badan yang tidak sama maka tidak sama pula berat badan idealnya. Lantas bagaimana cara menghitung berat badan ideal? Gampang, kini sudah ada sejumlah penemuan untuk menghitung berat badan ideal berdasarkan rumus-rumus tertentu, seperti rumus Brocha dan Rumus BMI.

bagaimana-cara-menghitung-berat-badan-ideal-anda_670x310

Body Mass Index atau lebih dikenal dengan BMI adalah metode untuk mengukur kenormalan berat badan dengan mengacu pada tinggi badan. Penggunaan rumus BMI sendiri umumnya berkaitan dengan masalah kegemukan dan obesitas. Dengan mengetahui berat badan ideal tentunya segala jenis penyakit yang disebabkan obesitas dapat dihindari, tentunya dengan melakukan program diet yang diperlukan. Seperti yang kita ketahui, kegemuakan dapat memicu beberapa jenis penyakit seperti kencing manis (diabetes mellitus), darah tinggi (hipertensi), asam urat, kolesterol tinggi, serangan jantung atau penyakit sulit tidur karena gangguan pernafasan (sleep apnea).

Cara Menghitung BMI

Rumus BMI tidak langsung menghasilkan berat badan ideal namun lebih spesifik pada kategori kurus, ideal, gemuk, atau obesitas.

BMI = Berat badan : (Tinggi Badan x Tinggi Badan)

Keterangan: Berat Badan menggunakan satuan kilogram (kg) dan Tinggi Badan menggunakan satuan meter (m).

presentation2

Contoh:

Seseorang mempunyai berat badan 65 kg dan tinggi badan 1,7 m. maka BMI = 65 kg : (1,7 m x 1,7 m). Jadi BMI = 22,49 (normal)

Contoh II:

Seseorang mempunyai berat badan 75 kg dan tinggi badan 1,65 m. Maka BMI = 75 kg : (1,65 m x 1,65 m). Jadi BMI = 27,55 (obesitas)

Kategori BMI

Mengacu pada table Indeks Massa Tubuh atau BMI, rumus BMI dibagi menajdi 2 kategori yaitu BMI untuk pria dan BMI untuk wanita. Berikut ini rinciannya:

  1. Kategori BMI untuk pria:
  • Nilai BMI < 17 termasuk kategori kurus
  • Nilai BMI 17 – 23 termasuk kategori normal
  • Nilai BMI 23 – 27 termasuk kategori kegemukan
  • Nilai BMI > 27 termasuk kategori obesitas

kategori

  1. Kategori BMI untuk wanita:
  • Nilai BMI < 18 masuk kategori kurus
  • Nilai BMI 18 – 25 masuk kategori normal
  • Nilai BMI 25 – 27 masuk kategori kegemukan
  • Nilai BMI > 27 masuk kategori obesitas

Dengan menggunakan rumus BMI tentu saja mudah bagi kita mengetahui di level mana berat badan kita apakah termasuk kurus, normal, kegemukan, atau obesitas (terlalu gemuk). Dengan demikian mudah juga melakukan antisipasi agar tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk.