Makanan yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Ditinjau dari sisi manapun, pemicu utama kegemukan adalah kesalahan pola makan yang kita terapkan setiap hari. Kesalahan dalam hal ini mencakup konsumsi makanan tidak sehat, jadwal makan tidak teratur, bahkan cara makan yang salah. Untuk mengatasi masalah kegemukan tentu kita perlu menerapkan program diet agar memdapatkan kembali berat badan ideal. Program diet sendiri membutuhkan menu makanan sehat yang tidak berpotensi menyebabkan kegemukan. Sebenarnya jika kita mau selektif ada beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan berat badan sekaligus memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama menjalani program diet.

Diet Dengan 5 Makanan Penurun Berat Badan

  • Tomat

Ketika kita mengunyah makanan, dengan sendirinya tubuh melepaskan hormon Cholecysokinin yaitu semacam hormon untuk memperketat kantung perut serta usus supaya kenyang lebih lama. Disini tomat mengandung serat bernama oligofructose yang mampu mempertahanan efek hormon Cholecysokinin diperut. Tomat juga mengandung senyawa lycopene yang berfungsi melindungi kulit dari sinar ultra violet serta mengurangi resiko kanker kulit.

  • Salmon

Ikan salmon termasuk sumber makanan yang baik untuk menunjang program diet. Meskipun ikan salmon kaya lemak namun kandungan lemak tersebut termasuk lemak baik (HDL) sehingga justru mampu mempertahankan imunitas tubuh selama masa diet. Disamping itu kandungan lemak ikan salmon sangat bagus untuk kesehatan jantung. Asam lemak Omega -3 yang terkandung pada ikan salmon dapat merangsang sensitivitas insulin untuk membantu memperkuat otot sekaligus menghilangkan timbunan lemak dibagian perut.

Makanan yang bisa menurunkan berat badan

  • Apel

Ada sekitar 4 – 5 gram kandungan serat dalam satu buah apel. Seperti yang kita tahu serat sangat baik untuk melancarkan pencernaan sekaligus memberi efek kenyang lebih lama. Selain itu apel juga mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan immune tubuh.

  • Kopi

Meskipun kandungan kafein pada kopi sering dianggap tidak baik untuk kesehatan, ternyata kopi sangat efektif untuk mengoptimalkan pembakaran lemak dalam tubuh. Disamping itu kafein memberi reaksi lebih besar untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Efek dari kafein sendiri bisa bertahan hingga 4 jam serta mampu membakar kalori 30 – 50 kalori/hari. Selain kafein, kopi juga mengandung chlorogenic acid untuk mencegah resistensi insulin.

makanan-penurun-berat-badan

  • Quinoa

Quinoa adalah semacam biji-bijian sejenis gandum yang juga efektif untuk menurunkan berat badan. Sama halnya dengan buah apel, quinoa mengandung serat tinggi yang mampu meminimalkan rasa lapar. Disamping serat , quinoa mengandung protein tinggi yang juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

  • Pir

Makanan yang dapat menurunkan berat badan berikutnya adalah buah pir. Masih berkaitan dengan pentingnya serat untuk program diet, 1 buah pir mengandung serat lebih dari 5 gram untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Fungsinya juga sama yaitu memberi efek kenyang lebih lama. Untuk mengonsumsinya kita bisa menambah dengan campuran salad sebagai menu penutup setelah makan.