Fase Dan Siklus Menstruasi Normal Pada Wanita

LUVUME.COM – Menstruasi merupukan peluruhan sel telur yang terjadi secara rutin pada wanita.Menstruasi secara fisik terlihat jelas dengan keluarnya darah dari organ vital wanita. Biasanya wanita mengalami menstruasi untuk pertama kalinya pada usia 10-15 tahun tergantung pada kecepatan pertumbuhan hormonalnya. Waktu normal menstruasi sekitar empat minggu atau 28 hari meskipun ada beberapa yang kurang atau lebih antara 20-35 hari.

sisriindrianiicy.wordpress.com

sisriindrianiicy.wordpress.com

Fase menstruasi merupakan fase di mana sel telur luruh karena tidak dibuahi oleh sperma.Produksi hormon estrogen dan progesteron berhenti sehingga sel telur terlepas dari endometrium.Endometrium sendiri robek dan luruh.  Dalam siklus menstruasi normal, keluarnya darah terjadi sekitar 5 hari, paling cepat 2 hari, dan paling lama 8 hari. Jika lebih lama dari itu, wanita hendaknya periksa ke dokter untuk mengecek apakah ada penyakit atau masalah lainnya.Siklus menstruasi merupakan siklus kompleks karena saling terkait dengan hampir seluruh unsur tubuh wanita dari panca indera, hormon, sampai kinerja organ dalam.

pembalutwanitanatesh.com

pembalutwanitanatesh.com

Berdasarkan siklus menstruasi normal, pada saat darah menstruasi berhenti, wanita akan memproduksi kembali hormon estrogen dan progresteron yang menstimulasi pembentukan endometrium. Masa ini sering disebut pra-ovulasi.Semakin lama sel telur semakin tumbuh sampai menjadi siap untuk dibuahi (ovulasi). Selama masa ovulasi ini, kadar estrogen meningkat sehingga lendir di serviks meningkat.

makeyousmarter.blogspot.com

makeyousmarter.blogspot.com

Lendir ini berfungsi sebagai basa yang menetralkan kondisi asam pada vagina sehingga sperma dapat bertahan lama di dalam vagina. Namun, jika sel telur tidak dibuahi, sel telur akan luruh dan terjadilah menstruasi. Inilah sebab mengapa menstruasi selalu terjadi pada wanita usia produktif yang sehat. Siklus ini terus terjadi sampai wanita memasuki masa menopause di mana tubuh tidak dapat memproduksi sel telur lagi karena faktor usia.