Cara Menghitung Masa Subur Wanita agar Cepat Hamil

Luvume – Perencanaan program hamil memang memerlukan pengetahuan khusus yaitu menghitung masa subur dimana pada masa tersebut terjadinya kehamilan kemungkinannya lebih besar. Intinya cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil sangat dibutuhkan karena cara tersebut menjadi salah satu faktor penentu suksesnya program hamil yang direncanakan. Sebenarnya tidak sulit menghitung masa subur karena yang dibutuhkan hanya mengingat hari pertama dan hari terakhir haid pada siklus haid tiap bulannya.

cara menghitung

Perbedaan Cara Hitung Masa Subur untuk Siklus Haid Teratur dan Tidak Teratur

Bagi Anda yang memiliki siklus haid teratur tiap bulannya, masa subur akan terjadi pada hari ke 10 sampai hari ke16 terhitung sejak haid hari terakhir, dengan tingkat kesuburan mencapai puncak di hari ke 13. Contohnya, jika haid Anda bulan ini berakhir tanggal 10 maka masa subur Anda berada antara tanggal 20 sampai 26 dengan puncak masa subur tanggal 23.

Lain halnya bagi Anda yang siklus haidnya tidak teratur maka untuk menentukan masa subur butuh catatan siklus haid 6 bulan sebelumnya. Umumnya penghitungan masa subur untuk siklus haid kurang teratur menggunakan rumus: hari ke/siklus haid terpendek dikurangi 18 hingga hari ke/siklus haid terpanjang dikurangi 11.

Sebagai contoh bisa diperhatikan siklus haid (tidak teratur) berikut ini:

  • Siklus haid selama 30 hari pada bulan ke 1
  • Siklus haid selama 29 hari pada bulan ke 2
  • Siklus haid selama 33 hari pada bulan ke 3 (contoh siklus haid terpanjang)
  • Siklus haid selama 30 hari pada bulan ke 4
  • Siklus haid selama 28 hari pada bulan ke 5 (contoh siklus terpendek)
  • Siklus haid selama 31 hari pada bulan ke 6

Masa-subur-wanita

Dari contoh siklus haid diatas terlihat bahwa siklus haid terpendek adalah 28 hari sedangkan siklus haid terpanjang adalah 33 hari. Dapat ditarik kesimpulan bahwa contoh wanita dengan siklus haid diatas masa suburnya terletak pada hari ke 10 (28 – 18) hingga hari ke 22 (33 – 11).

Menentukan Masa Subur dari tanda-tanda Fisik

Selain dengan metode kalender seperti contoh diatas, ada cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil yaitu dengan mendeteksi perubahan fisik dan perubahan pada organ kewanitaan.

Pada masa subur umunya terjadi peningkatan hormon estrogen yang menyebabkan produksi lendir di organ kewanitaan terlihat mengental dan warnanya seperti putih telur mentah. Untuk mengujinya, ambil lendir dengan ujung jari kemudian rekatkan ke jari lain. Jika lendir tersebut tidak putus ketika direnggangkan sekitar 2 – 3 cm maka ada sekitar 80 persen Anda berada di masa subur. Anda biasa melakukan hubungan intim dengan pasangan karena sel telur sudah siap dibuahi.

6-Tanda-Fisik-Bahwa-Anda-Sedang-Dalam-Periode-Masa-Subur

Bagi Anda yang kadang merasakan nyeri perut bagian bawah tidak perlu terburu-buru menyimpulkan Anda terserang penyakit tertentu. Nyeri perut bagian bawah juga menjadi satu indikasi Anda berada di masa subur. Selain nyeri perut bawah, masa subur bisa ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh. Untuk mendeteksi peningkatan suhu tubuh tidak bisa dilakukan dengan meraba menggunakan tangan. Anda membutuhkan thermometer digital untuk hasil lebih akurat.

Mungkin bagi Anda yang sibuk dengan aktivitas, cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil diatas akan menyita banyak waktu. Jika ingin yang lebih praktis kini sudah banyak tersedia di apotek alat untuk membantu mendeteksi masa subur. Apabila hubungan intim sudah dilakukan pada masa subur namun tidak juga memperoleh kehamilan sebaiknya Anda dan suami memeriksakan diri ke dokter kandungan. Siapa tahu mungkin memang ada masalah dengan organ reproduksi anda atau suami.