Cara Mempertahankan Berat Badan Ideal

Luvume.com – Untuk mempertahankan berat badan ideal sesuai keinginan, dibutuhkan kontrol berat badan yang bisa dimulai dari asupan makanan sehat. Masalah kelebihan berat badan (obesitas) tidak bisa dianggap enteng. Menurut ahli kesehatan, orang yang mengalami kegemukan beresiko lebih besar meninggal secara tiba-tiba. Meskipun diusia muda seseorang memiliki berat badan ideal namun menjelang usia tua mereka rentan mengalami kegemukan karena akumulasi makanan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik.

Cara-Menurunkan-Berat-Badan-Dalam-1-Minggu

Orang mungkin tetap bahagia meskipun mengalami kegemukan, namun secara medis kegemukan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami kegemukan, misalnya konsumsi makanan berlebih atau melebihi batas standar asupan makanan sehari-hari. Asupan makanan berlebihan berpotensi menyebabkan akumulasi lemak yang tidak teerkontrol sehingga berpengaruh buruk pada organ penting seperti ginjal, jantung, hati, dan persendian yang bertugas menopang beban tubuh. Kerusakan organ tubuh sangat mungkin terjadi karena organ-organ tubuh tersebut dituntut bekerja lebih keras akibat banyaknya timbunan lemak jahat.

Berat Badan Ideal Sesuai Ukuran Tubuh

Berat badan ideal yang diinginkan masing-masing individu cenderung berbeda, tentunya mengacu pada tinggi badan, usia, bahkan jenis kelaminnya. Intinya setiap orang memiliki kriteria berat tubuh ideal berbeda terutama mereka yang berbadan besar, sedang, atau kecil. Tulang dan otot orang yang berbadan besar tidak sama dengan tulang dan otot orang berperawakan kecil, hal ini juga memengaruhi kriteria berat badan ideal yang diinginkan. Disatu sisi orang berperawakan kecil biasanya membawa banyak lemak namun kondisinya lemah karena lemak bisa terbakar secara alami. Oleh sebab itu berat badan ideal harus diambil dari perkiraan yang lebih teliti, misalnya dengan membandingkan berat badan sendiri dengan mereka yang seumuran atau memiliki bentuk dan tinggi badan yang sama.

inilah-ukuran-lingkar-pinggang-wanita-yang-ideal

Kesalahan dalam Program Diet

Banyak yang gagal menjalankan program diet hanya karena beberapa kesalahan kecil berikut ini:

  • Konsumsi Makanan Asin

Banyak orang yang suka makanan terlalu asin, padahal terlalu banyak mengonsumsi garam membuat cairan dalam tubuh tertahan lebih lama. Hal ini tentu saja mengakibatkan berat badan tidak bisa turun. Disamping itu makanan dengan kadar garam tinggi dapat memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jadi selain konsumsi makanan terlalu manis dan berlemak, makanan yang terlalu asin juga bisa mengacaukan program diet.

  • Terlalu Bersemangat Melakukan Diet

Terlu]alu bersemangat melakukan program diet justru dapat memicu stress. Lebih lanjut, stress dapat menyebabkan produktivitas hormon kortisol semakin meningkat . Hormon kortisol sendiri mampu merangsang nafsu makan, memperlambat proses metabolisme, dan meningkatkan timbunan lemak di area perut. Untuk meredakan stress sebaiknya kita hindari hal-hal yang bisa menyebabkan stress. Mendengarkan musik, hang out bersama teman-teman, atau melakukan senam yoga adalah cara-cara efektif untuk mereduksi stress.

5-Kesalahan-Umum-saat-Program-Diet

  • Kurang Tidur

Kebiasaan begadang membuat seseorang lebih mudah lapar. Idealnya dalam 1 hari kita butuh waktu 7 – 8 jam untuk tidur dan beristirahat. Menurut penelitian, orang yang biasa tidur kurang dari 4 jam memiliki peluang 73% lebih besar menderita obesitas dibanding mereka yang memiliki jadwal tidur normal.

  • Kekurangan Makanan Rendah Lemak

Seseorang yang minum susu rendah lemak atau yoghurt bebas lemak 3 kali dalam sehari maka sekitar 70% lemak dalam tubuhnya akan hilang dengan sendirinya. Zat kalsium dan susu adalah dua nutrisi yang ampuh untuk membantu proses pembakaran lemak menjadi energi. Untuk mendapatkan berat badan ideal sangat direkomendasikan minum 1 gelas susu rendah lemak pagi hari, 1 gelas yoghurt bebas lemak disiang hari, dan sore hari kembali minum 1 gelas susu rendah lemak.

7-kesalahan-diet-yang-berbahaya-bagi-kesehatan-anda

  • Minum Minuman Beralkohol

Tidak hanya mengacaukan program diet, minum minuman berlkohol sangat tidak baik untuk kesehatan. Alkohol memiliki sifat merusak, dengan sendirinya metabolisme tubuh menjadi terhambat karena adanya tekanan pada sistem syaraf pusat.

Cara Menurunkan Berat Badan

Bagi yang mengalami kegemukan ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Berikut ini diantaranya:

  • Batasi Konsumsi Makanan

Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung kalori, sebaliknya biasakan mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Perbanyak makanan berserat tinggi untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus untuk membuang toksin-toksin dalam organ tubuh.

4-kesalahan-yang-menggagalkan-diet

  • Hentikan Kebiasaan Mengemil Waktu Senggang

Kebiasaan mengonsumsi cemilan diwaktu senggang bisa dipastikan mengakibatkan kegemukan terutama cemilan dengan kandungan lemak tinggi. Hentikan kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak perlu dan mulai menerapkan pola makan yang teratur 3 kali sehari. Tentunya tanpa menu cemilan yang biasanya dikonsumsi diantara waktu makan.

  • Perbanyak Aktivitas Fisik

Bisa dibilang aktivitas fisik sama dengan olahraga. Seperti yang kita tahu, olahraga adalah cara paling efektif untuk mendapatkan berat badan ideal dan bentuk tubuh proporsional. Aktivitas fisik yang paling bagus untuk mendapatkan berat badan ideal adalah berjalan kaki atau jogging.