7 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Dengan Tanaman Herbal

Luvume.com – Memilih cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang tepat memang susah-susah gampang karena produk yang kita pakai belum tentu cocok untuk jenis kulit. Sementara timbulnya jerawat terkadang tidak dapat dihindari, jika dibiarkan tentu akan mengganggu penampilan. Duh…jadi bagaimana dong?! Tenang… jangan panik dan stress, karena kalau stress akan memicu jerawat muncul. Jika kamu enggan menggunakan produk kosmetik atau perawatan dari bahan kimia karena takut tidak cocok atau bahaya efek samping akibat penggunaan dalam jangka waktu lama, 7 herbal dibawah ini bisa jadi alternatif yang pas untuk kamu yang ingin menghilangkan bekas jerawat dan mengatasi jerawat yang muncul.

macam-macam-jerawat

Daun Teh

Daun teh yang biasa untuk minuman, dapat digunakan untuk perawatan jerawat karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain dapat menyamarkan bekas jerawat, kulit akan lebih segar dan cerah. Pilihlah daun teh yang telah kering atau gunakan teh celup yang banyak dijual dipasaran. Rendam daun teh selama semalaman, lalu gunakan air rendaman teh tersebut untuk mencuci wajah. Lakukan secara rutin pada pagi dan malam hari.

Sambiloto

Sambiloto dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti diare, flu, radang, dll. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah daunnya. Daun sambiloto yang berfungsi sebagai antibiotik dapat mencegah terjadinya peradangan jika digunakan untuk jerawat. Untuk menggunakan sambiloto sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat cukup ambil daunnya yang masih segar lalu tumbuk halus untuk ditempelkan pada jerawat. Jerawat yang masih timbul akan cepat kempes, sedangkan pada bekas jerawat juga dapat ditempelkan dengan sambiloto baik secara langsung atau dicampurkan dengan bedak dingin.

ciputranews_1398054268

Ganggang Biru Hijau

Pernahkah mendengar tanaman ganggang biru hijau? Tanaman ini ampuh sekali dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Ganggang biru hijau atau yang biasa disebut spirulina kini kian dikenal khasiatnya untuk perawatan kulit. Beberapa kandungan zat dalam spirulina yaitu betakaroten, zat besi, klorofil, Karotenoid. Zat Karotenoid berperan sebagai antioksidan. Untuk mendapatkan manfaat dari spirulina, dapat mengolahnya menjadi masker. Beberapa produk kecantikan kini telah ada yang menyajikan spirulina dalam bentuk masker siap pakai. Anda bisa mencobanya.

Pegagan

Kandungan senyawa saponin dalam Pegagan akan memicu produksi kolagen. Kandungan lainnya berfungsi sebagai anti-infeksi, regenerasi sel, mengurangi iritasi dan peradangan. Oleh karena itu, pegagan sangat baik untuk jerawat. Penggunaannya sama dengan Sambiloto, cukup tumbuk halus daun pegagan lalu tempelkan pada bagian yang berjerawat.

manfaat-daun-sirih-merah-untuk-wajah

Daun Sirih

Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan daun sirih sebagai berikut: Pilih daun sirih yang masih segar dan muda, ambil beberapa lembar, bersihkan terlebih dahulu dan rebus hingga mendidih, biarkan air rebusan daun sirih hingga menjadi dingin. Lalu gunakan untuk mencuci wajah yang berjerawat.

Daun Kunyit

Campuran daun kunyit, madu dan daun sirih dapat menyamarkan noda bekas jerawat yang sulit dihilangkan. Cukup haluskan ketiga bahan dengan blender lalu gunakan secara merata ke bagian wajah dan leher, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat atau dingin.

kunyit-untuk-menghilangkan-bekas-jerawat

Ginseng

Ambil ginseng secukupnya, kupas dan cuci bersih. Haluskan ginseng dengan blender, tambahkan dengan telur dan madu. Masker ginseng siap dipakai. Untuk hasil yang baik, gunakan masker selama 20-30 menit. Selain dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, masker ginseng juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini.