3 Nutrisi Penting untuk Menunjang Masa Subur Wanita agar Cepat Hamil

Luvume.comĀ  – Potensi kehamilan tidak hanya ditentukan oleh hubungan intim yang dilakukan di masa subur. Disaat yang sama dibutuhkan sejumlah nutrisi di masa subur wanita agar cepat hamil yaitu nutrisi yang bersumber dari berbagai makanan sehat. Nutrisi tersebut tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan namun juga meningkatkan kualitas sel telur sebelum siap dibuahi.

Tanpa mengesampingan peran dan fungsi nutrisi lain, ada beberapa vitamin dan mineral yang harus menjadi asupan wajib wanita di masa subur untuk meningkatkan potensi kehamilan. Sebenarnya di masa subur Anda mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Namun bersamaan proses pengolahan makanan, kandungan vitamin dan mineral tersebut mudah hilang.

Makanan Sehat Agar Cepat Hamil

Vitamin dan Mineral untuk Menambah Kesuburan

Dengan asupan vitamin dan mineral dari berbagai jenis makanan sehat mampu meningkatkan kualitas masa subur wanita agar cepat hamil. Apa saja vitamin dan mineral yang dimaksud?

  1. Vitamin D

Kebutuhan vitamin D dalam tubuh dapat diproduksi dengan memanfaatkan sinar matahari terutama pagi hari. selain itu vitamin D dapat diperoleh dari sumber makanan seperti mentega, ikan salmon, ikan tuna, telur, dan minyak ikan. Jika wanita kekurangan vitamin D maka tingkat kesuburannya bisa berkurang lebih dari 70 persen.

16_VitaminD

  1. Vitamin B6

Meningkatnya potensi kehamilan terjadi karena adanya keseimbangan hormon estrogen dan hormon progesterone. Karena vitamin B6 berfungsi menyeimbangkan hormon maka kekurangan vitamin B6 dapat mengurangi kemungkinan hamil. Karena itu di masa subur wanita wajib mendapat asupan vitamin B6 yang terdapat pada beras merah, kacang tanah, kedelai, kol, ayam, ikan, dan pisang.

91021102015-vitamin-sebagai-nutrisi-ibu-hamil

  1. Vitamin C

Sepertinya vitamin C menjadi vitamin paling penting di masa subur. Vitamin C perannya cukup vital untuk pembentukan sel telur sekaligus memproteksi sel telur. Bersama dengan vitamin E dan beta-karoten yang sama-sama bersifat anti-oksidan, vitamin C berperan menangkal radikal bebas yang mengganggu organ reproduksi sekaligus melindungi sel-sel organ tubuh lainnya

What_to_eat_after_acl_surgery_Vitamin_C

Tips Menjaga Kandungan Gizi pada Makanan

Mungkin pilihan jenis makanan untuk masa subur sudah tepat, hanya saja kandungan nutrisi pada makanan-makanan tersebut mudah hilang karena beberapa sebab. Nah, bagaimana cara menjaga kandungan gizi pada makanan sebelum dikonsumsi?

  • Pilih jenis makanan, minuman, buah, dan sayuran yang masih segar
  • Hindari menjemur sayuran dipanas matahari sebelum diolah
  • Olah sayuran dengan proses cepat baik saat mencuci, mengiris, hingga memasak
  • Untuk jenis buah dan sayuran tertentu mungkin butuh direndam terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Buah dan sayuran boleh direndam tetapi tidak boleh terlalu lama
  • Jika sayuran harus dimasak dengan air usahakan tidak menggunakan air terlalu banyak
  • Jangan menunda-nunda makanan yang siap disantap selesai dimasak
  • Buah dan sayuran yang tidak langsung dimasak harus disimpan ditempat yang terlindung dari cahaya, misalnya suhu dingin lemari es
  • Jika harus menyimpan susu siap minum, simpan ditempat terlindung dari cahaya. Jangan menyimpan susu dalam gelas terlalu lama karena kandungan vitamin D-nya bisa hilang

Kualitas masa subur wanita agar cepat hamil dapat ditingkatkan dengan beberapa vitamin diatas. Namun meskipun begitu harus diimbangi dengan kesuburan pria agar kemungkinan untuk hamil bisa lebih besar. Cara untuk menambah kesuburan pria bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, Vitamin E, Seng (Zn), dan Selenium (Se). Beberapa nutrisi tersebut mampu meningkatkan kualitas sperma sehingga ketika bertemu sel telur mampu menghasilkan kehamilan.